Tuesday 4 September 2012

ARTIKEL : FOBIA (BHGN 4)

10 JENIS FOBIA YG  TIDAK MASUK AKAL

01. Ithyphallophobia - Ketakutan pada Ereksi
Didefinisikan sebagai "rasa takut yang menahan, tidak normal dan tidak beralasan terhadap ~censored~ yang ereksi".Setiap tahun phobia yang mengejutkan ini menyebabkan banyak orang mengalami gangguan yang tidak berguna.Menambah penderitaan dari keadaan "menggangu" ini, terapi dari Ithyphallophobia ini mengambil masa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dan bahkan ada saat tertentu yang memerlukan pesakit untuk menghadapi ketakutannya tersebut secara terus menerus.Dikenal dengan berbagai istilah -Medorthophobia, Phallophobia, Ithyphallophobia, ketakutan akan ~censored~ yang ereksi dapat menyebabkan corak yang signifikan terhadap kualiti hidup, dapat menyebabkan panik dan menjauhkan pesakit dari orang2x terdekat dan rakan kerja.

02.Ephebophobia - Ketakutan pada masa muda
Ketakukan psikologi dan sosial terhadap masa muda. Efek dari Ephebophobia menyebabkan kerosakan pada masyarakat. Setidaknya seorang ahli ekonomi pernah menyatakan bahwa ketakutan akan masa muda dapat menimbulkan efek teruk terhadap taraf ekonomi sebuah negara.Para sosiologi, dari lembaga pemerintah, dan organisasi pemuda mendefinisikan ephebiphobia sebagai rasa takut yang tidak normal dan mengganggu dan/atau benci terhadap kaum muda dan orang dewasa.


03.Coulrophobia - Ketakutan pada badut
Coulrophobia adalah ketakutan yang berlebihan dan tidak normal terhadap badut. phobia ini biasanya terjadi pada anak2x, namun kadangkala terjadi pada remaja dan orang dewasa juga. Pesakit biasanya 'dijangkiti' phobia ini setelah mengalami pengalaman buruk dengan badut atau melihat badut dari media. Penampilan yang aneh dari badut, hidung merah yang besar dan warna rambut yang tidak natural membuat badut ini menjadi misteri dan berbahaya. Orang dewasa yang menjadi korban coulrophobia menyedari bahwa ketakutan mereka sangat tidak rasional dan tidak logik, namun mereka tidak dapat melepaskan diri dari keadaan ini.


4. Ergasiophobia - Ketakutan dengan pekerjaan (takut bekerja)
Ergasiophobia dapat menjadi gangguan yang memenatkan bagi sesetengah orang,yang menyebabkan ketidakmampuan psikologis secara signifikan. Individu ini dapat benar2x mengalami masalah kesihatan mental mendasar seperti depresi atau gangguan terhadap konsentrasi.


5. Gymnophobia - Ketakutan akan keadaan telanjang
Gymnophobia adalah ketakutan atau kegelisahan terlihat telanjang, dan/atau melihat orang lain telanjang, bahkan dalam keadaan dimana hal ini dapat diterima secara sosial.Pesakit Gymnophobia dapat mengalami ketakutan mereka akan keadaan telanjang (nudity) terhadap semua orang, atau hanya orang tertentu, dan mungkin menganggap ketakutan mereka tidak rasional. Phobia ini biasanya muncul dari perasaan bahwa tubuh mereka tidak sempurna secara fizikal, khususnya jika diperbandingkan dengan foto/gambar tubuh ideal yang terpampang di media.Rasa takut ini juga berakar dari kegelisahan seksualiti secara umum.


6. Neophobia - ketakutan akan sesuatu/hal yang baru
Neophobia adalah ketakutan akan hal baru atau pengalaman baru. phobia ini juga disebut cainotophobia.Dalam psikologi neophobia didefinisikan sebagai rasa takut yang kuat dan tidak normal akan segala sesuatu yang baru.Phobia ini ini juga dapat bererti ketidaksanggupan untuk mencuba hal yang baru atau melakukan sesuatu diluar kebiasaan.hal ini juga mengambarkan kekecewaan,kemarahan,keraguan bercampur ketakutan terhadap hal-hal baru secara umum.Beberapa group konservatif sering digambarkan sebagai neophobic, dalam cara mereka untuk melaksanakan tradisi atau membuat masyarakat melihat kembali masa lalu.Technopobia dapat juga digolongkan sebagai bentuk khusus dari neophobia yaitu ketakutan akan teknologi baru.


7. Paraskavedekatriaphobia - Ketakutan akan jumat tanggal 13
Hari jumaat yang muncul pada hari ke 13 pada bulan tertentu dianggap sebagai hari yang buruk/sial di Jerman, Poland, Bulgaria dan masyarakat berbahasa Spanyol lain di dunia. Ketakutan akan hari jumaat ke 13 disebut paraskavedekatriaphobia, kata yang berasal dari rangkaian kata yunani Παρασκευή, δεκατρείς dan φοβία, yang masing2x bererti jumaat,tigabelas,dan phobia ; pengucapannya termasuk paskevodekatriaphobia atau paraskevidekatriaphobia, dan bentuk khususnya triskaidekaphobia yang bererti phobia(ketakutan) akan angka 13.


8. Panphobia - Ketakutan akan segala sesuatu
Panphobia, juga disebut omniphobia, Pantophobia atau Panophobia, adalah keadaan perubatan yang dikenal sebagai "ketakutan tak spesifik" ("non-spesific fear"); penderitanya mengetahui diri mereka dalam keadaan takut namun tanpa target yang spesifik, dan dengan demikian tidak ada penyembuhan yang sederhana untuk hal ini. phobia ini
digambarkan sebagai rasa takut/ketakutan yang kuat dan tidak jelas terhadap suatu hal buruk yang tidak diketahui.Ketakutan ini sering terlihat pada tahap kedua dari kondisi schizophrenia.


9. Taphophobia - Ketakukan dikubur hidup-hidup
Ketakukan akan dikubur hidup2x adalah ketakutan ditempatkan dalam liang kubur dalam keadaan masih hidup sebagai akibat dari pernyataan kematian yang salah. versi psychopathological yang tidak normal dari ketakutan ini disebut taphophobia. sebelum kehadiran perubatan moden ketakutan ini tidak secara keseluruhan salah.dalam sejarah terdapat beberapa kes orang dikuburkan hidup2x secara tidak sengaja.


10. Pteronophobia - Ketakutan digeletek dengan bulu
Pteronophobia adalah ketakutan yang tidak rasional digeletek menggunakan bulu. kegiatan anak2x tertentu, seperti mengeletek bayi, menjadi punca phobia ini kerana anak merasa terperangkap.

Sumber: Radiokitai.com

No comments: